Cara SEO Website dan Blog yang Benar untuk Ranking Tinggi di Google 2016!!
Di post super lengkap kali ini, saya ingin bicara tentang cara SEO websitedan cara seo blog yang benar untuk menjadikannya ranking satu di Google (atau minimal empat besar).
Saya tahu SEO mungkin merupakan hal yang tak mudah (bahkan mungkin menakutkan) bagi kebanyakan dari anda mengingat banyaknya yang perlu dipelajari...
Lima tahun yang lalu ketika saya dulu baru memulai, bagi saya SEO itu sendiri memang terasa agak misterius.
Namun setelah beberapa tahun membuat website, me-ranking-nya, dan memiliki sistem sendiri untuk mendapatkan ranking tinggi di google secara terus menerus, saya paham bahwa sebenarnya ada sains di baliksearch engine optimization.
Sebelum saya mulai dengan penjelasan panjang lebar mengenai cara saya untuk men-SEO website-website saya dan menjadikannya rangking satu (atau setidaknya halaman satu empat besar) di Google, saya ingin bikin disclaimer dulu...
Bahwa dengan mengikuti panduan yang saya tulis ini, saya TIDAK GARANSI anda bisa mendapatkan ranking tinggi di Google.
Hasil yang akan anda dapatkan akan sangat bergantung dari pengalaman anda, insting anda, ilmu anda, dan uang yang anda punya di kantung anda untuk membeli hal-hal yang dibutuhkan untuk dapat ranking tinggi di Google (yups, SEO KADANG tidak gratis).
Dan bahwa meskipun saya sudah berusaha sebaik mungkin untuk menyediakan informasi selengkap apapun untuk post ini, tetap saja saya yang agak pakar SEO ini TIDAK tahu semuanya.
Resiko untuk menggunakan informasi yang ada di halaman ini 100% ada di tangan anda.
Dan dengan disclaimer tersebut, yuk kita mulai panduannya...
Cara SEO Website & Blog Ala Syamsul Alam
Di panduan SEO kita kali ini, saya akan bicarakan teknik SEO ala saya.
Dan jujur, teknik saya lumayan kompleks -- anda mungkin banyak tidak mengerti beberapa istilah dalam panduan ini, dan proses optimisasi yang saya lakukan selalu saya dasarkan pada keyword research yang kuat, jadi tidak sembarangan optimasi.
Secara garis besar, ini yang biasanya saya lakukan:
- Keyword Research, mencari keyword dengan potensi pencarian yang tinggi dan kompetisi rendah hingga sedang, penentuan keyword utama dan keyword-keyword pendukung, kemudian membuat skala prioritas.
- On Site SEO, proses pembuatan situs dengan struktur berdasarkan hasil keyword research, pemasangan theme WordPress yang teroptimisasi dengan baik, peletakan elemen SEO seperti title tag, header tag, dan lain-lain yang berkaitan dengan keyword utama pada situs.
- Off Site SEO, proses membangun backlink dan authority domain, meliputi membangun social profile di situs sosial populer, social bookmark, pembelian backlink PR tinggi, dan penggunaan backlink massal.
Dan yups, tiga hal itulah yang akan kita bahas di post kita kali ini...
#1 Keyword Research Sebagai Pondasi Rangking Tinggi
Hal pertama yang harus anda sadari adalah anda harus MEMILIH keyword terlebih dahulu, keyword dimana anda ingin situs anda rangking tinggi di Google.
Anda sedari awal harus MENGERTI dengan JELAS, KEYWORD APA yang akan anda incar dan akan anda jadikan sebagai keyword utama untuk situs anda.
Anda TIDAK BISA ranking untuk semua keyword yang anda mau.
Sumber daya anda terbatas, sementara keyword yang anda ingin untuk situs anda bisa ranking tinggi mungkin sangat banyak, jadi anda harus PILIH beberapa keyword sebagai incaran awal anda.
Dan kebanyakan orang bahkan tidak tahu mereka harus punya keyword untuk diincar...
Jika anda sudah punya keyword untuk diincar, selamat anda sudah lebih baik daripada 50% internet marketer di luar sana.
Jadi, pikirkan masak-masak terlebih dahulu kira-kira anda mau buat situs tentang apa, tujuannya apa, siapa orang yang anda incar, dan apa kira-kira keyword yang bakal diketikkan oleh calon pengunjung anda di mesin pencari.
Contoh: Anda ingin buat situs untuk mempromosikan pelatihan pembuatan mie dan pembimbingan bisnis mie ayam milik anda, maka orang-orang yang anda cari adalah:
- Karyawan yang tertarik dengan usaha sampingan,
- Mahasiswa,
- Pengusaha yang ingin mengembangkan bisnis,
- Ibu rumah tangga yang tertarik dengan usaha sampingan berjualan mie di halaman rumah,
- dan lain-lain.
Dari situ, anda mulai pikirkan apa kira-kira keyword yang bakal mereka ketikkan.
Misal,
- "pelatihan usaha mie",
- "peluang usaha sampingan modal kecil",
- "prospek bisnis mie ayam",
- "cara membuat mie ayam",
- "analisis usaha mie ayam",
- dan lain-lain (jadi ingat pelatihan Mie Sehati nya mas Eko.)
Hal kedua yang juga perlu anda sadari adalah bahwa keyword yang anda pilih harus memiliki tingkat kompetisi yang BISA anda TAKLUKKAN.
Ini SUPER PENTING...
Kebanyakan pemula cukup lugu untuk mengira bahwa situsnya bakal bisa ranking di keyword-keyword super kompetitif seperti "make money online", "credit repair", "buy guitar" atau keyword-keyword super kompetitif lainnya.
Anda harus tahu bahwa di luar sana ada orang yang tak segan-segan mengeluarkan ratusan juta rupiah per tahun untuk memastikan bahwa tidak ada yang mengganggu posisi mereka di search engine.
Bagi mereka ratusan juta rupiah per tahun adalah kecil karena mereka mendapatkan milyaran rupiah per tahun dari ranking yang mereka miliki di Google.
Kesalahan dalam melakukan keyword research yang menjadikan anda mengincar keyword kompetitif akan menjadikan situs anda tanpa trafik untuk jangka waktu yang LAMA sekali...
Dan besar kemungkinan anda akan putus asa di tengah jalan tanpa pernah mendapatkan trafik seekor pun.
Anda bisa mengetahui apakah ada kompetisi untuk keyword tertentu dan seberapa keras kompetisi anda dengan cara melakukan pencarian sederhana di Google untuk keyword yang anda target.
Golden Rules: Jika ada banyak halaman yang teroptimisasi (keyword di title tag, URL, dan meta description), maka bisa dipastikan ada banyak kompetisi untuk keyword tersebut.
Untuk kerasnya persaingan anda bisa gunakan tools seperti Majestic SEOuntuk menganalisis link profile dari situs saingan-saingan anda.
*Saya jelaskan dengan amat detail hal ini di halaman case study saya dan di video tutorial tentang keyword research ini.
Hal ketiga yang harus anda tahu juga adalah bahwa keyword-keyword yang anda incar, selain memiliki kompetisi di tingkat yang bisa andahandle, juga harus memiliki potensi trafik yang menguntungkan buat anda.
Bukan berarti anda harus mencari trafik dengan monthly searchesratusan ribu per bulan, yang penting adalah bahwa trafik anda layak, dan trafik anda punya search intention untuk belanja sesuatu dari anda.
Ingat, SEO hanya sarana untuk mendapatkan trafik.
JANGAN hanya melakukan SEO hanya untuk ranking tinggi. Ranking tinggi untuk keyword bergengsi yang jarang dicari orang tidak apa, asal jangan sering-sering.
SEO anda harus berfokus pada keyword yang MENDATANGKAN TRAFIK... dan memiliki KUALITAS TRAFIK yang anda inginkan.
Alasan Kenapa Keyword Research itu Penting dalam SEO...
Keyword research penting karena jika anda payah dalam hal ini, perjuangan untuk mendapatkan banyak trafik akan SEPULUH KALI LIPAT lebih sulit.
Dalam setiap keyword research, saya selalu mencari minimal 2 keyword utama dan minimal 10 keyword pendukung.
Monthly search traffic dari semua exact keyword tersebut digabungkan harus lebih dari minimal 2.000 traffic.
Jika kurang saya akan cari keyword lagi sampai cukup.
Setelah itu, saya akan perhatikan kompetisi dan potensi trafik yang ada untuk masing-masing keyword.
Dari situ saya akan menentukan skala prioritas.
Keyword-keyword yang paling mudah dan memiliki potensi trafik yang layak, bakal saya target terlebih daripada keyword yang lebih sulit.
Kemudian saya akan buat beberapa halaman pilar di situs saya untuk mentarget keyword-keyword mudah tersebut. Halaman pilar adalah halaman berisi artikel super powerful, lengkap, dan teroptimasi dengan baik untuk keyword-keyword gampang.
Artikel pilar seperti ini sangat disukai oleh Google dan akan sangat mudah ranking tinggi untuk keyword-keyword yang minim kompetisi selama anda melakukan on-page SEO dengan baik.
Dengan demikian saya akan memiliki initial traffic secara cepat, yang memungkinkan saya untuk membangun domain authority melalui LIKES dan TWEET serta memungkinkan saya untuk mendapatkan dana untuk membiayai proses SEO untuk keyword-keyword utama yang lebih sulit.
Bayangkan jika saya asal bikin situs tanpa proses keyword research yang lengkap, mungkin saya akan amat susah payah dalam mendatangkan beberapa pengunjung per hari.
Bahkan saya mungkin harus buat puluhan artikel hanya untuk mendapatkan beberapa puluh pengunjung per hari.
Oh iya, by the way, tools yang saya pakai untuk keyword research tak lain dan tak bukan hanyalah Google Keyword Tools (sekarang sudah ganti jadi Google Keyword Planner)
#2 On Site Optimization Sakti untuk Rank Tinggi
Ada banyak hal sebenarnya yang perlu diperhatikan dalam on site optimization, tapi anda tidak perlu tahu semuanya...
Anda hanya perlu tahu beberapa yang paling penting.
Tiga hal yang menurut saya paling utama dalam proses ranking tinggi di search engine adalah relevansi, user experience, dan crawlability (indexation).
Relevansi, tugas mesin pencari itu sederhana.
...Memberikan hasil pencarian yang relevan dengan yang dicari oleh pengunjung...
Ketika pengunjung mengetikkan kata kunci "Jackie Chan", tentu Google ingin menampilkan situs-situs tentang Jackie Chan di halaman pencariannya.
Jika Google gagal melakukan hal tersebut, tentu pencari bakal kapok menggunakan Google dan bakal beralih ke Bing.
Dengan teori ini maka anda bisa membuat halaman situs anda ranking lebih tinggi di Google dengan cara menampilkan sinyal-sinyal relevansi kepada Google dengan meletakkan keyword yang anda incar di tempat-tempat yang diperhatikan oleh Google.
Tempat-tempat ini misalnya adalah URL, heading, title tag, meta description, image alt tag, dan lain-lain...
*Saya sempat bahas hal ini secara detail di sini, Cara Melakukan On Page SEO.
Contohnya adalah post ini, keyword yang saya incar untuk post ini adalah "cara SEO website". Anda bisa lihat sendiri 'kan URL saya, title tag saya, heading saya, dan lain-lain yang sengaja saya buat mengandung kata kunci "cara SEO website"?
User experience, di masa kini, mesin pencari sudah cukup canggih hingga bisa mengenali mana situs yang menyediakan user experience baik, dan mana yang menyediakan user experience yang buruk.
Beberapa indikasi yang Google gunakan untuk menentukan user experience yang dihasilkan dari suatu situs adalah kecepatan loading situs tersebut, bounce rate, kualitas konten, outbound dan inbound link ke halaman yang relevan, dan porsi iklan dalam halaman.
Pertama adalah kecepatan situs anda.
Simpel saja, semakin lambat suatu situs, maka semakin rendah posisinya di search engine.
Spider akan lebih malas meng-crawl karena situs yang berat dan lambat menghabiskan banyak resources, dan akhirnya adalah penurunan ranking...
Itu alasan meskipun ada banyak theme WordPress yang gratis di luar sana, saya hanya percaya pada penyedia theme yang benar-benar profesional dan tahu yang ia lakukan.
Saya pribadi hanya menggunakan WooThemes gratis, jika saya suatu saat berniat untuk investasi pada theme premium suatu hari nanti, saya akan pilih Genesis atau Thesis karena saya tahu dua framework tersebut dibuat untuk kecepatan situs yang tinggi.
Yang kedua adalah bounce rate, semakin tinggi bounce rate anda, maka semakin rendah skor anda di mata Google. Average page views per visit anda juga berpengaruh lho, semakin sedikit, semakin rendah skor anda di mata Google.
Di sisi lain, semakin rendah bounce rate anda, maka semakin tinggi posisi anda di Google.
Bagaimana Google tahu bounce rate anda? Pertama dari Google Analytics (jika anda memasangnya), dan kedua dari pengunjung yang menekan tombol "back" di browser mereka SEGERA setelah mereka sampai ke situs anda.
Ketiga adalah inbound dan outbound link ke halaman relevan.
Google mengasumsikan bahwa situs dengan banyak link ke artikel lain yang relevan merupakan salah satu indikator user experience yang bagus.
Tentu saja, karena dengan inbound link dan outbound link ke halaman yang relevan, user bisa mencari tahu lebih banyak tentang suatu topik dengan lebih mudah.
Para pemula sering salah paham dan mengira bahwa semakin banyak link yang keluar dari situsnya, maka semakin buruk posisinya di Google.
Padahal jika yang ia link merupakan halaman yang relevan, justru hal sebaliknya lah yang terjadi...
Dan yang terakhir adalah porsi iklan dalam halaman.
Iklan yang memakan 80% layar monitor tentu saja menyediakan user experience yang buruk, dan itu sebabnya Google sekarang mulai menurunkan posisi situs-situs yang memenuhi halamannya dengan iklan.
Crawlability dan Indexation, hal ini agak teknis untuk dijelaskan, jadi saya agak malas, tapi intinya adalah kemudahan situs anda untuk di crawl oleh Google spider.
Situs yang mudah di crawl, maka akan mudah juga bagi Google untuk menyimpan data tentang situs tersebut di database Google sehingga mempermudah proses indeksasi.
Semakin mudah suatu situs untuk ter-index, maka semakin besar kemungkinan suatu situs muncul di halaman pencarian Google.
Halaman yang sulit di jangkau oleh Google tentu saja akan lebih jarang ter-crawl yang pada akhirnya akan memiliki posisi yang kurang baik di halaman hasil pencarian.
Di sisi lain halaman yang bisa di crawl dengan baik dan tanpa error akan lebih bagus nilainya di mata Google sehingga berpotensi untuk mengalami kenaikan ranking.
Intinya kurang lebih seperti itulah, untuk mencari tahu error dalam situs anda, crawlability status dari situs anda, broken link, dan lain-lain, anda bisa gunakan Google Webmaster Tools untuk menganalisisnya.
Sekarang kita akan bicara tentang off site optimization...
#3 Off Site Optimization, Rumus Backlink Personal Saya
Jujur saja, jika anda bisa menerapkan dua jurus yang barusan saya share di atas secara sempurna, anda bisa ranking tinggi untuk 80% keyword dengan kompetisi rendah hingga sedang di luar sana.
Tapi kadang mungkin dua hal itu saja tak cukup.
Anda seringkali membutuhkan sedikit dorongan dari elemen off site optimization untuk membantu anda ranking tinggi -- lebih tinggi daripada pesaing anda -- untuk keyword yang lebih kompetitif.
Sebenarnya topik mengenai off site optimization atau yang lebih populer dengan istilah backlinking ini adalah topik yang sangat LUAS sekali, saking luasnya saya sampai harus buatkan satu report khusus yang membahas satu topik ini sendiri secara mendetail.
Tapi okelah, yuk kita coba bahas sekilas tentang off site optimization di post kita hari ini...
Saya pribadi menetapkan rumus untuk off site optimization ini:
Artinya:
- KUANTITAS adalah jumlah link yang anda bangun,
- KUALITAS adalah kualitas dari link yang anda bangun, berasal dari mana, berapa PR nya,
- RELEVANSI adalah kesesuaian topik dari halaman link berasal dengan halaman anda yang di link,
- dan JUSTIFIKASI adalah hal-hal yang menjadikan link anda tersebut masuk akal untuk terjadi.
Yuk kita bahas satu-satu...
Secara sederhana, semakin banyak link yang mengarah ke situs anda, maka semakin baik posisi anda di search engine (KUANTITAS = positif).
Tapi di saat yang sama jika link yang mengarah ke situs anda adalah dari situs dewasa atau situs spam (KUALITAS = negatif), ya bisa-bisa situs anda malah kena penalty dari Google (positif x negatif = negatif).
KUALITAS dari link yang anda dapatkan sangatlah penting, karena meski anda bisa mendapatkan sedikit link, jika link tersebut berkualitas, maka hasilnya akan tetap positif.
Semakin banyak link dari sumber berkualitas yang anda miliki, maka semakin tinggi kepercayaan Google terhadap domain anda sehingga anda bisa lebih mudah ranking untuk keyword apapun yang anda mau.
Salah satu hal yang bisa menyebabkan penurunan ranking meskipun anda sudah membangun link ber KUALITAS adalah adanya KUANTITAS negatif yang disebabkan karena link menuju situs anda di lepas oleh pemilik situs.
Hal ini merupakan negative link velocity yang menyebabkan penurunan ranking, kecuali anda menggantinya dengan link baru dengan KUALITAS yang kurang lebih sama.
Jika situs yang me-link ke situs anda RELEVAN, maka akan semakin tinggi poin relevansi situs anda, yang menyebabkan anda untuk ranking lebih tinggi di Google untuk kata kunci yang anda incar.
Bahkan meski link yang anda bangun berada di situs yang TIDAK relevan dengan situs anda, selama KUALITAS nya positif, maka anda tetap akan mendapatkan manfaat (tapi tentu tak sebanyak link dari situs relevan).
Tapi, ada satu faktor yang tak boleh dilupakan.
Hal tersebut adalah JUSTIFIKASI.
Meskipun anda memiliki banyak link dari berbagai sumber berkualitas (mass link dari press release misalnya), tapi jika tak masuk akal, tetap saja akan menaikkan bendera merah dari Google.
Contoh: Domain baru dibeli kemarin sore tapi tiba-tiba sudah mendapatkan 10.000 link dari press release, article directory, blog, dan lain-lain.
Tentu saja hal ini akan menimbulkan kecurigaan dari Google sehingga situs anda bakal kena sandbox untuk manual review dari staff Google.
Fiuh, yuk sekarang kita bahas beberapa hal yang memungkinkan kita untuk membangun link dengan KUANTITAS, KUALITAS, RELEVANSI, dan JUSTIFIKASI...
Untuk KUANTITAS, saya rasa mudah saja ya 'kan... bangun link sebanyak mungkin, dari sebanyak mungkin sumber.
Gampang 'kan?
Untuk hal ini anda bisa bangun mass link dari situs social bookmark, situs wiki, blog comment, dan lain sebagainya. Anda bisa bangun backlink tipe ini dari 90% penyedia jasa SEO di luar sana...
Jika anda ingin belajar lebih banyak tentang membangun backlink tipe ini, anda bisa pelajari di report saya yang ini:http://www.syamsulalam.net/p/lbm/
Untuk KUALITAS, pastikan anda membangun link dari situs-situs yang dipercaya oleh Google (authoritatif) atau memiliki link profile yang bagus.
Salah satu ciri situs autoritatif yang dipercaya oleh Google adalah situs EDU atau GOV atau situs APAPUN yang memiliki PR lebih dari 7.
Saya pribadi membangun link dari YouTube, Facebook, Twitter, blog-blog dengan PR tinggi (3+), blog comment dari halaman-halaman ber PR lebih dari 1, dan social bookmark dari domain yang PR 6 ke atas...
Hal tersebut akan memastikan saya memiliki link hanya dari sumber yang berkualitas.
Dari sini anda mungkin bertanya, tapi 'kan sulit untuk membangun banyak link dari sumber-sumber berkualitas?
Dan anda benar!
Itu alasan kita menggunakan teknik backlink yang tepat seperti link pyramid dan lain-lain. Kita membangun link menuju halaman berkualitas kita dari sumber-sumber yang tidak begitu berkualitas.
Contoh, membangun banyak link dari sumber-sumber kurang berkualitas menuju halaman YouTube yang me-link ke situs kita.
Dengan demikian, situs kita akan mendapatkan manfaat dari backlink yang kurang berkualitas tersebut tanpa mengotori link profile kita.
NOTE: Saya jelaskan hal ini dengan lebih lengkap di sini:http://www.syamsulalam.net/p/slg/
Jika anda kurang jelas dengan hal ini, ada baiknya anda mengerti teori dibaliknya terlebih dahulu.
Video di bawah ini akan jelaskan tentang teori Link Juice dan Link Transferal yang penting bagi anda untuk mengerti hal ini...
RELEVANSI? Itu mudah, beri link ke halaman situs anda dari halaman yang bertopik kurang lebih sama.
Misal, untuk halaman situs tentang kucing, saya membuat video YouTube tentang kucing, dan membangun link dari situ.
Saya tak akan meletakkan link ke halaman tentang kucing dari video YouTube tentang anjing.
Simpel kan...
Untuk JUSTIFIKASI, jika saya membangun banyak link ke suatu halaman, saya juga akan pastikan bahwa halaman tersebut memiliki cukup banyak LIKE dan TWEET.
Hal ini akan membuat halaman saya terlihat populer, dan terlihat WAJAR jika mendapat banyak link.
Cara lain untuk menerapkan justifikasi adalah membangun backlink secara PERLAHAN pada domain baru, dan mulai lebih agresif pada domain yang lebih tua...
Kenapa? Karena WAJAR bagi halaman yang populer untuk memiliki banyak link, WAJAR juga jika situs dengan domain yang lebih tua memiliki banyak link...
Sementara KURANG WAJAR jika halaman tidak populer memiliki banyak link, dan KURANG WAJAR jika situs baru sudah memiliki ribuan backlink dalam beberapa hari....
Intinya, jika anda membangun link, bangunlah dengan cara yang aman, teknik yang benar, terlihat NATURAL dan LOGIS.
Saya bahas sangat BANYAK sekali dengan SANGAT DETAIL tentang teknik membangun link yang benar, aman, natural, dan logis, plus teknik-teknik super sakti di report saya nanti...
So, jika anda tertarik belajar lebih jauh, stay tune okay!
NOTE: Report ini kini sudah ada, berisi amat banyak teknik sakti saya untuk membangun backlink dan banyak lagi.Dapatkan report nya di sini: http://www.syamsulalam.net/p/slg/
SEO Bukan Lagi Misteri...
Setelah membaca sampai sejauh ini, bagaimana menurut anda?
Saya harap anda sudah ada gambaran tentang apa yang harus anda lakukan untuk membuat situs atau halaman anda ranking satu di Google untuk kata kunci yang anda incar.
Saya juga berharap, jika anda sempat pernah berpikir bahwa SEO adalah misteri, sekarang anda paham bahwa SEO hanyalah sebuah cara untuk menjadikan situs kita sebagai situs yang paling relevan di antara situs-situs lain.
Yang anda perlukan sekarang adalah:
- Keyword research yang ciamik untuk mencari keyword ideal yang harus anda incar,
- On site optimization yang benar dengan meletakkan keyword incaran anda di tempat yang tepat dan memperhatikan desain dan kecepatan situs anda,
- Plus beberapa backlink untuk menguatkan posisi anda dari situs yang berkualitas dan relevan dengan topik situs anda.
Jika anda ingin informasi super keren seperti ini lagi, pastikan bahwa anda LIKE Facebook fan page saya, dan jadi subscriber saya dengan memasukkan alamat email anda di kotak di bawah artikel ini.
Ada pertanyaan? Tanyakan di kotak komentar! Suka dengan post ini? Share dengan yang lain!
Selamat ber-SEO ria!!
Post a Comment