4 Cara Menguasai Pemrograman

4 Cara Menguasai Pemrograman Hari ini capek sekali rasanya seharian dari pagi sampai ke pagi nasib jadi kuli digital (baca:buruh matrix) habis analyzing, spy competitor research, dummy blog creating, link building revisi kerjaan dan kerjaan yang lain-lain pertama liat distributor lulur ibu kemudian liat blog kesayangan yang sudah lama terlantar ga ke update sampai alexa jatuhnya jauh sekali, dan ternyata selain tidak update dan keseringan sebelumnya memodifikasi template jadi lupa melihat performance page speed, setelah cek walah amburadul malah gak sampe 60/100 kacau deh sehingga gee harus rubah sedemikian rupa biar ga berkurang performance (lumayan bisa mengurangi bounce rate jadi traffic tetep banyak hehehe). Langsung aja deh kelamaan basa basinya ! (sabar bro ini juga mau masuk sabar ya lagi mikir nih... :)).

Menguasai sebuah bahasa pemrograman bukanlah hal yang mudah tapi yang pasti semua orang bisa mempelajarinya, yang penting serius kuncinya Cuma satu action jangan iya iya doang tapi ga praktek dan seringin prakteknya jangan Cuma pas ada mentornya doang baru belajar hehehe.

1. Jangan takut error

Ketika baru mengenal pemrograman web, awalnya saya juga sama takut error, kalau erro bingung perbaikinya gimana, gini bro kan di internet ini banyak sekali tutorial kamu download saja dulu kemudian kamu coba buka di laptop kamu pertama kamu pahami dulu alur maksud dari syntax-syntaxnya kalau ga paham juga yah emang harus belajar cari tahu misal syntax “echo” cari di google echo itu untuk apa, kemudian coba kamu bermain di syntax itu dan kamu coba trial error atau coba-coba kalau dihilangin echo jadi ech hasilnya bagaimana, kalau error tinggal balikin lagi beres hehehe, nah setipa hasil yang muncul kamu pelajari kenapa bisa error dan kenapa bisa berhasil jadikan mindset kamu untuk selalu ingin tahu bila ada perubahan yang kamu lakukan akan memberikan efek seperti apa dan lakukan dan belajar terus sampai kamu paham dan mengerti.

2. Latih Logika Berpikir kamu

Kita coba dengan kondisi misal jika awan mendung maka hari ini hujan artinya kalau kondisi awan mendung outputnya hari ini hujan jika awan tidak mendung maka outpunya tidak ada kecuali kondisi seperti ini jika awan mendung maka hari ini hujan jika tidak maka hari ini berawan, jadi jika kondisi tidak hujan makan outputnya hari ini berawan.
Beda lagi dengan multiple kondisi contoh jika awan mendung dan jika awan menghitam maka akan hujan jika tidak hanya berawan jika awan tidak mendung maka cuaca cerah.
Disana ada kondisi didalam kondisi misal jika awan mendung namun ada kondisi lagi awannya menghitam atau tidak kalau menghitam outputnya akan hujan jika tidak menghitam maka outputnya hanya berawan dan kalau kondisinya tidak mendung berarti outputnya cuaca cerah (jiah pusing-pusing dah hehehehe nanti juga terbiasa).

3. Pelajari logika pemrograman utama

Dalam pemrograman yang sering saya temuin walaupun ada yang lain tapi ini yang sering muncul dan sering saya pakai yaitu seperti diatas yaitu logika kondisi if dan else, pengulangan seperti foreach, for, while, while do kemudian logika index array ketiga logika ini sering sekali muncul, kuasai ini maka kamu pasti bisa pemrograman.

4. Memulai dengan menghayal dan perencanaan

Sebelum melakukan pemrograman ada baiknya kamu memulainya dengan melakukan visualisasi dari pikiran kamu, kamu mau buat bentuk program kamu seperti apa kemudian kamu visualkan dengan skets di atas kertas baik posisi header, menu, sidebar maupun konten (jangan pikirin program dan bahasa program dulu) buat saja dulu itu tuangkan kedalam kertas skets kamu, setelah selesai baru kamu rencanakan memulai pemrogramannya dari mana apakah mulai dari slicing gambar ke dalam style pemrograman seperti css, baru ke html sehingga ada bentuk dulu, kemudian baru memulai lagi step dari awal dengan mencoba bahasa side scripting seperti php lalu memulai koneksi ke database hingga program dapat terbentuk secara sempurna.

Membuat sebuah program memang tidak gampang tapi bukan berarti tidak bisa, dengan semangat rasa ingin tahu dan kemauan untuk terus belajar saya sangat yakin kamu pasti bisa, karena saya pernah juga ada di posisi kamu yang tidak mengerti sama sekali bahasa pemrograman jangankan ngoding ngeliatnya aja sudah mau muntah ga ngerti, tapi terbukti ternyata saya sekarang bisa walaupun jauh mendekati dari programmer advanced paling tidak saya bisa memvisualisasikan khayalan aplikasi saya dalam bentuk yang nyata. Ingat kuncinya Cuma satu  action dan sering melakukan alias praktek dan prektek. Salam dari gee, bagi yang merasa artikel ini bermanfaat mohon bisa di share dengan yang lain yang membutuhkan dan pertanyaan ataupun komentar baiknya saya tunggu dari kamu dengan isi form dibawah ini, insyAllah bisa di jawab secepatnya. Terima kasih


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.