Tahukah kamu! Perbedaan 32bit dan 64bit?

32 bit dan 64 bit

Assalammu’alaikum Wr. Wb.

Pada kali ini juragan mau bagi-bagi sedikit ilmu tentang istilah yang banyak di dengar namun sedikit yang paham yaitu system 32 bit dan 64 bit. Langsung aja yuk....
Istilah 32-bit dan 64-bit sudahlah tidak asing lagi di telinga kita, istilah ini sering sekali kita temui, khususnya bagi yang sering mondar-mandir di dunia perkomputeran.
Istilah ini sering dipakai Microsoft untuk membedakan seri dari produk sistem operasi mereka yaitu Windows.

Akan tetapi apakah kalian sudah jelas tentang istilah 32-bit dan 64-bit ini? atau kalian Cuma mengerti dari kabar burung saja? OK, saya yakin masih banyak orang yang belum mengerti tentang Istilah 32-bit dan 64-bit, oleh karena itu juragan mau ngebagiin sedikit ilmu tentang Istilah 32-bit dan 64-bit ini. Semoga setelah membaca artikel inikalian jadi lebih pengetahuannya....amin.

Pertama-tama juragan mau ngejelasin tentang Perbedaan antara 32-bit dan 64-bit dahulu, pada dasarnya perbedaan diantara keduanya mengacu pada teknologi pemrosesan data pada processor yang digunakan, system 32 bit hanya mampu menerima memory maximal 4 GB sedangkan system 64-bit dapat menerima memory sebesar 128 GB. Processor dengan system 64 bit dapat mereferensikan pengalamatan data yang lebih besar dibandingkan dengan processor yang menggunakan system 32 bit yang akan mempengaruhi pada peningkatan performance dari kinerja keseluruhan perangkat komputer yang memnentukan komputer itu Low atau High.

Penerapan ini juga berlaku pada operating system, contoh dari konteks ini adalah Windows 32 bit dan windows 64 bit keduanya mengarah pada kemampuan processor yang akan didukung oleh system operasi windows. Windows 64 bit hanya dapat diinstall atau dipasang pada perangkat komputer yang mengunakan processor dengan system 64 bit. Sedangkan pada windows 32 bit dapat diinstall pada perangkat komputer yang menggunakan processor 32 bit atau 64 bit,akan tetapi hal ini memiliki kekurangan yaitu kinerja dari processor 64 bit tidak akan maksimal karena meskipun komputer itu menggunakan processor 64 bit akan tetapi hanya akan bekerja dengan kecepatan 32 bit.

Ini tabel penerapan system di atas:
System 32 bit dan 64 bit

Perbedaan versi system 32 bit dan 64 bit pada sebuah aplikasi windows tergantung pada jenis system operasi windows yang di gunakan apakah 32 bit atau 64 bit. Aplikasi yang dibuat untuk system 64 bit hanya mampu berjalan pada system operasi Windows 64 bit, sedangkan aplikasi yang dibuat untuk system 32 bit kemungkinan masih dapat berjalan di system 64 bit. Namun perlu juragan tegaskan, bahwa tidak semua aplikasi 32 bit dapat berjalan pada system operasi windows 64 bit.

System 64 bit dirasa lebih baik atau unggul karena system ini memiliki akses memory yang lebih cepat, management memory yang lebih baik dari pada 32 bit.
Perbedaan yang lain dari kedua system ini adalah terlihat setelah menginstalasi system ini, yaitu :
Folder instalasi Windows

'\Program Files' for 64-bit programs
'\Program Files (x86)' for 32-bit programs

Di dalam task manager, processor 32 bit akan tertulis '*32' sedangkan pada processor 64 bit tidak tertulis seperti yang ada di processor 32 bit.
Kinerja system tergantung pada kecocokan hardware yang tersedia, contohnya jika kalian ingin memasang System 64 bit maka komputer kalian harus memiliki spec di atas kategori low, oleh karena itu juragan mau ngasih sedikit info buat kalian semua agar dapat menjadi pengguna komputer yang baik dan pintar.
Semoga dengan membaca ini kalian dapat lebih mengetahui tentang dunia perteknologian ini yang semakin lama semakin maju dan canggih.

system 32 bit dan 64 bit

Pesan juragan buat teman-teman semua “jangan lupa belajar hal-hal yang baru, biar gak ketinggalan zaman..he..he..”. Sekian artikel yang juragan bagikan pada hari ini, semoga bermanfaat untuk teman-teman semua. Ingat tetap belajar, untuk menutup artikel ini juragan mau ngasih pertanyaan buat kalian semua “Masih ingat gak, yang dimaksud dengan system 32 bit dan 64 bit ?”.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.