5 Hal yang Harus Dilakukan Blogger Pemula

Kita semua pernah menjadi blogger pemula, tidak ada seorang bloggerpun yang menjadi ahli, bahkan seorang penulis handalpun tidak akan dengan mudah bisa mengusai segala hal tentang blogging. Karena blogging tidak hanya tentang Tulis-Publish.

5 Hal yang Harus Dilakukan Blogger Pemula
5 Hal yang Harus Dilakukan Blogger Pemula

Menyadari Siapa Kita

Jadi apabila anda adalah seorang blogger pemula, maka jangan malu untuk bertanya dan mencari informasi sebanyak mungkin tentang dunia blogging ini, anda bisa mendapatkan informasi dari banyak pihak, baik itu dari artikel para blogger lainnya yang sudah sangat banyak dan bisa dengan mudah anda temukan di internet, ataupun dengan menanyakan dan mendiskusikan lang sung dengan para sahabat blogger melalui forum, group atau bentu komunitas lainnya.

Memahami Dunia Blogging

Sebagai seorang blogger pemula, memahami tentang dunia blogging sama pentingnya dengan membangun blog yang baru saja anda buat, kita memiliki tugas yang berat sebagai blogger pemula apabila kita ingin menjadi blogger yang sukses suatu saat nanti.

Sukses disini bukan hanya sukses secara materil, namun berkaitan dengan semua aspek tentang blogging, seperti memiliki visitor yang banyak dan trafik yang melimpah.

5 Hal yang Harus Dilakukan Blogger Pemula
Pada tulisan www.carangeblog.club kali ini saya akan menjelaskan mengenai 5 Hal yang Harus Dilakukan Blogger Pemula, adapun hal-hal yang harus anda lakukan sebagai seorang blogger pemula yaitu:

1. Mendaftarkan Blog ke Webmaster
Saya asumsikan bahwa anda sudah memiliki sebuah blog pada saat ini, hal berikutnya yang perlu anda lakukan sekarang adalah mendaftarkan blog anda ke webmaster. Pada saat ini ada banyak webmaster yang bisa anda gunakan secara Gratis yang sudah disediakan oleh mesin pencari besar seperti Google Search dan Bing Search.

Webmaster sendiri memiliki banyak kegunaan, tujuan utamanya adalah untuk mengklaim web atau blog anda di mesin pencari. Tujuan lainnya adalah memantau aktivitas blog anda dimesin pencari, apakah ada error atau link rusak pada blog anda, anda bisa memantaunya di akun webmaster anda.

Anda bisa mendaftar secara gratis pada bebeberapa webmaster sekaligus, saya merekomendasikan anda untuk mendaftar ke 2 webmaster berikut ini:



2. Mendaftarkan Blog ke Analytics
Hal ini berguna untuk memantau lalulintas pada blog anda, apabila anda berniat untuk menjadi seorang blogger profesional maka mendaftarkan blog anda ke analytics adalah suatu kewajiban.

Ada banyak tool analytics yang tersedia di internet, ada yang gratis, dan ada juga yang berbayat. Salah satu analytics web dan blog berbayar yang saya rekomendasikan Adalah Alexa, ada beberapa tipe akun yang bisa anda miliki, setiap akun berbeda dalam fiturnya, anda bisa mengecek atau mendaftar Alexa Analytics tool [DI SINI].

Analytics gratis dan sangat saya rekoemndasikan adalah Google Analytics, saya sendiri mendaftarkan blog www.carangeblog.club ini ke Analytics dari Google tersebut. Menurut saya Google Analytics memiliki fitur yang cukup lengkap, anda bisa mendaftar kan blog anda ke Google Analytics secara gratis untuk mengecek fitur-fiturnya [DI SINI].

3. Melakukan Riset Kata Kunci
Hal ke tiga dan merupakan bagian penting yang harus anda lakukan sebagai blogger pemula adalah melakukan riset kata kunci, kata kunci sendiri adalah kata-kata yang merupakan target dari blog yang anda buat.

Kata kunci sendiri harus berkaitan dengan topik blog anda, guna kata kunci ini adalah untuk membidik netizen, agar mereka bisa datang keblog anda secara organik melalui mesin pencari. Saya bisa mengatakan bahwa kata kunci yang tepat bisa meningkatkan trafik blog anda secara signifikan.

Ada banyak tool riset kata kunci yang tersedia, sebagian besar adalah berbayar, seperti SemRush contonhnya, dan beberapa ada yang tersedia secara gratis. beberapa pihak mungkin menganggap tool berbayar lebih baik daripada tool gratis, hal tersebut memanglah benar, karena tool yang berbayar biasanya memiliki fitur yang lebih banyak dibandingkan tool gratisan. Semrush adalah salah satunya, Semrush memiliki banyak fitur, salah satunya adalah tool riset kata kunci yang dikenal sangat ampuh oleh para blogger, baik blogger pemula maupun yang sudah Pro.

Namun ada satu buat tool riset kata kunci yang cukup, bahkan tergolong bagus  menurut saya, adalah Google Keyword Planer sebuah tool riset kata kunci gratis yang bisa anda gunakan untuk melakukna riset kata kunci untuk blog anda.

Kata kunci yang tepat apabila anda gunakan dalam menulis artikel di blog anda tentu akan sangat bagus, dan tentu kemungkinan tulisan anda untuk tampil dihalaman pertama hasil pencarian mesin pencari akan makin besar.

Apabila anda memang berniat serius mengelola blog anda, anda bisa mencoba Google Keyword Planer dengan mendaftar [DISINI]

4. Memasang Meta Tag yang Valid untuk Blog Anda 
Memasang meta tag berguna untuk meningkatkan SEo blog anda dimata mesin pencari, dengan menggunakan meta tag maka anda sudah membantu robot mesin pencari untuk memahami blog anda dengan lebih mudah.

Saya telah menuliskan diatas "Meta Tag yang Valid", valid disini berarti meta tag yang sesuai, anda memang disarankan memasang meta tag disitus anda, tetapi tentu memasang meta tag yang sembarangan bukan lah hal yang disarankan.

Apabila anda adalah seorang blogger pemula, dan belum meiliki meta tag di blog anda, anda bisa mendapatkan meta tag terbaru valid HTML 5 yang telah saya bagikan pada blog www.carangeblog.club ini.

Baca: Meta Tag SEO Friendly Valid HTML 5 Terbaru 2016 

Pada artikel tersebut saya juga membagikan bagaimana cara memasang meta tag apabila anda belum mengetahui caranya, bagi anda yang sudah memakai meta tag, namun merasa meta tag anda sudah ketinggalan atau tidak valid lagi, anda juga bisa menggunakan meta tag yang saya bagikan tersebut.

5. Melakukan Optimasi Blog Anda
Mengoptimalkan blog anda adalah sesuatu yang harus anda lakukan apabila anda memang serius untuk membangun blog anda. Salah satu cara mengoptimasi blog adalah dengan measang meta tag seperti yang sudah saya jelaskan diatas.

Ada banyak cara untuk mengoptimasi blog anda, apabila pengetahuan anda masih sangat awam tentang SEO, anda bisa membaca tulian saya terdaulu tentang SEO bagi pemula.

Baca: Mengenal SEO dan Teknik SEO Khusus Pemula

Setelah memasang meta tag, salah satu optimasi SEO yang perlu segera anda lakukan adalah meningkatkan keterlihatan situs anda dimesin pencari, adalah penting bagi anda untuk membuat blog anda ditemukan oleh netizen, salah satunya dengan melakukan Submit Sitemap (Daftar Isi) blog anda ke Google webmaster, dan melakukan submit URL artikel blog anda setiap anda selesai mengepostkannya.

Kesimpulan yang Harus Anda Lakukan Sebagai Blogger Pemula
5 Hal yang Harus Dilakukan Blogger Pemula
Saya rasa itulah yang dapat saya bagikan untuk ita pada kesempatan kali ini mengenai 5 Hal yang Harus Dilakukan Blogger Pemula, Pada intinya ke-5 hal diatas memang sangat perlu anda lakukan apabila anda berniat membangun blog anda dengan serius dan menjadi seorang blogger yang profesional.

Guna yang sebenarnya dari melakukan ke-5 hal diatas adalah untuk optimasi blog anda, pada dasarnya semua tutorial, tips dan trick yang dibagikan oleh para blogger, termasuk saya adalah untuk mengoptimasi blog itu ssendiri, karena seberapa baguspun konten blog anda apabila blog tersebut tidak dioptimasi, makan tetap saja blog anda tidak akan dikenal oleh netizen.

Ketika kita ingin menangkap ikan, tentu kita harus menyiapkan umpannya terlebih dahulu, (saya tidak menyamakan pembaca blog saya dengan ikan ya, ini hanya perumpaan saja karena saya orang yang suka makan, hehe), maka kita harus menyiapkan umpannya terlebih dahulu.
Apabila kita ingin mendapatkan ikan yang lebih besar, maka tentu kita perlu menyiapkan umpan yang lebih besar atau berkualitas pula. Nah apabila pembaca atau netizen yang setiap hari melakukan penjelajahan di internet kita umpamakan ikan, maka yang menjadi umpannya adalah optimasi-optimasi yang kita lakukan, seperti kata kunci misalnya.

Selain ke-5 hal diatas, banyak banyak hal yang harus kita lakukan sebagai blogger pemula, yang terpenting adalah selalu update informasi terbaru tentang dunia blogging dari situs-situs blogger pro favorit anda.

Hal penting lainnya yang perlu anda lakukan adalah terus meningkatkan kualitas konten blog anda, terus belajar menulis dengan ejaan yang baik, dan terus membagikan informasi yang bermanfaat. Konten yang berkualitas juga merupakan salah satu umpan bagi anda untuk mendapatkan pengunjung ke blog anda. Dan sebagai sesama blogger tidak bosan-bosannya saya mengingakan bahwa "konten yang ada di blog anda adalah untuk pembaca blog anda, bukannya untuk robot mesin pencari".

Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga informasi yang kami bagikan bermanfaat untuk kita semua, silakan tinggalkan komentar, pertanyaan, kritik dan saran untuk kami di kotak komentar.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.