Sistem Bagi Hasil Google Adsense Hosted dan Non Hosted

Google AdSense atau yang biasa kita kenal dengan AdSense adalah sebuah situs IM yang mana AdSense menerima jasa pemasangan iklan dari perusahaan-perusahaan mitra AdSense (Advertiser), yang kemudian iklan-iklan tersebut yang berupa Teks ataupun Banner didistribusikan ke pelanggan secara tertarget sesuai dengan target dari pengiklan melalui bermacam sarana, meliputi sarana situs berbagi video YouTube yang merupakan milik Google sendiri, maupun melalui Blogger (Juga milik Google) dan situs-situs di internet yang menyajikan konten atau melalui mesin pencari mereka sendiri (Google Search). Dan baru-baru ini iklan dari Advertiser juga bisa ditayangkan melalui Aplikasi Android yang juga merupakan Operating System (OS) milik Google, semua mitra penayang iklan AdSense disebut Publisher. Sistem bagi hasil berdasarkan informasi dari halaman Support Google adalah untuk konten persentase 68% dan atau 51% untuk penelusuran.
Sistem Bagi Hasil  Google Adsense Hosted dan Non Hosted

Sistem Bagi Hasil  Google AdSense Hosted dan Non-Hosted

www.carangeblog.club - Pada artikel ini CaraNgeblog.club akan memberikan sedikit informasi atau gambaran tentang seberapa besar pendapatan yang AdSense berikan dari iklan Advertiser mereka yang ditayangkan oleh Publisher AdSense. Sebelum kita membahas mengenai sistem bagi hasil dari Google  AdSense ada baiknya kita membahas kembali 2 tipe akun AdSense yang mungkin kita sama-ama telah mengetahuinya, yaitu akun AdSense Hosted, dan akun AdSense Non-Hosted.

AdSense Hosted

 Akun AdSense Hosted adalah akun yang kita dapat dengan cara mengajukan konten milik kita yang di-host di situs mitra-host Adsense. Jadi kekurangan utama dari akun hosted, adalah bahwa ia hanya dapat digunakan untuk memonetisasi konten yang ada di situs tempat kita mendaftar. Contoh Akun AdSense hosted adalah akun AdSense yang kita dapatkan dengan mendaftarkan Blog dari Blogger.com (Blogspot.com) sebagai tempat kita menayangkan iklan dari Google AdSense.

AdSense Non-hosted
Akun AdSense Non-Hosted adalah akun AdSense yang kita dapatkan dengan cara mendaftarkan situs pribadi milik kita kepada Google AdSense, dimana situs tersebut tidak ada kaitannya dengan pihak AdSense / kita memakai domain yang bukan .blogspot.com apabila kita menggunakan Blogger.com sebagai tempat kita membuat blog.

Sistem Bagi Hasil AdSense
Kembali ke masalah pembagian hasil. Jadi apakah beda pembagian antara hosted dan non-hosted? Jika yang dimaksud adalah angka persentase 68% untuk content atau 51% untuk penelusuran di atas, maka bisa sampaikan tidak ada hubungannya dengan akun hosted atau non-hosted.

Ingat, bahwa situs mitra-host Adsense sebenarnya juga menjalankan program yang sama, yaitu Adsense for content. Pembagiannya? Ya sama saja, 68% dari total yang dibayar pengiklan untuk penayang, sisanya diambil oleh Google.

Namun, karena Anda mennumpang pada server mereka guna menaruh konten Anda untuk dimonetisasi, maka sangat lah wajar, pihak mitra-host Adsense meminta bagian. Berapa besarannya? Tergantung pemilik situs mitra-host bersangkutan, biasanya mulai dari 60% – 90%.

Sebagai contoh misalnya, hubpages.com, mereka memberi 60% kepada author mereka. 60% dari apa? 60% dari pendapatan Adsense yang dihasilkan oleh konten milik Anda. Selain itu, tidak semua mita-host Adsense, memberi nilai presentase dari nominal pendapatan, banyak juga yang memberi presentese berupa impresi halaman dengan cara merotasi iklan yang tampil. Jika memenuhi syarat, blog Anda pun bisa menjadi mitra host Adsense. Nanti Anda mau berbagi berapa persen kepada penulis konten di blog Anda, itu sepenuhnya tergantung Anda sendiri.

Sistem Bagi Hasil AdSense Hosted YouTube

Nah, bagaimana dengan Blogger dan Youtube? Ya, betul. Blogger dan Youtube termasuk situs mitra-host Adsense. Namun karena keduanya juga merupakan milik Google sendiri, mereka berbaik hati dengan tidak meminta bagi hasil dari konten Anda. Ini bisa Anda lihat di halaman Akses pihak ketiga pada dasbor Adsense.

Anda dapat melihat detail bagi hasil di akun Anda:
  1. Masuk ke akun AdSense Anda.
  2. Klik ikon roda gigi  dan pilih Setelan dari daftar tarik-turun.
  3. Di bilah sisi, pada "Akun", klik Informasi akun.
  4. Pada bagian "Informasi akun", Anda akan melihat setiap bagi hasil ditampilkan di samping "Produk aktif".
Pihak AdSense sendiri menyatakan bahwa anda tidak perlu bingung memikirkan sistem bagi hasil, dengan meyakinkan bahwa sistem bagi hasil dari mereka adalah yang terbaik untuk anda dan Mereka, berikut ulasan dari pernyataan pihak AdSense:

Kami yakin bagi hasil kami sangat bersaing. Namun, bagi hasil sendiri bisa menyesatkan, jadi sebaiknya Anda fokus pada total pendapatan yang dihasilkan situs Anda. Misalnya, jika lelang inventaris iklan Google di situs Anda menghasilkan $100, dengan bagi hasil 68%, Anda akan mendapat $68 melalui AdSense. Jaringan iklan lain mungkin menawarkan bagi hasil 80%, tetapi hanya mengumpulkan $50 dari pengiklan, jadi Anda akan menerima $40. Dengan besarnya jumlah pengiklan yang bersaing untuk muncul di situs AdSense, sistem kami memastikan bahwa Anda memperoleh penghasilan sebanyak mungkin untuk setiap tayangan iklan yang Anda terima.

Anda juga bisa membaca sistem bagi hasil sebagai mitra AdSense dengan mengunjungi halaman support mereka atau langsung menuju topik bagi hasil dengan mengunjungi Link [Ini]

Sampai saat ini memang belum ada transparansi sistem bagi hasil antara Publisher dengan Pihak AdSense, Pihak AdSense belum pernah memberikan peryataan bagi hasil yang pasti antara akun Hosted dan Non-Hosted, meski ada beberapa pihak yang beranggapan bahwa pendapatan dari akun Non-Hosted lebih besar bahkan mencapai 100% sementara pendapatan dari akun AdSense Hosted hanya berkisar sekitar 68% Saja.

 Namun berdasarkan informasi yang telah kami kumpulkan, CaraNgeblog.club menyimpulkan bahwa sistem bagi hasil untuk akun Hosted dan Non-Hosted sama saja, yaitu 68% untuk Publisher dan 32% untuk pihak AdSense dari setiap pendapatan dari iklan yang tayang dan di klik oleh netien pada situs atau media yang dimili oleh Publisher Google AdSense. 

Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga informasi yang kami bagikan bermanfaat untuk kita semua, silakan tinggalkan komentar, pertanyaan, kritik dan saran untuk kami di kotak komentar.
Cara Memasang Meta Tag SEO Friendly Valid HTML5 Terbaru 2016

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.