6 Cara Mendapatkan Uang dengan Blog Gratis

Ingin mendapatkan uang dari ngeblog gratis, saya akan membagikan 6 Cara Mendapatkan Uang dengan Blog Gratis untuk kita  semua. Membuat blog adalah hal yang mudah, anda bisa menggunakan plaform Gratis seperti Blogger.com untuk memulai blog anda sendiri, dengan beberapa klik, dan blog anda sudah jadi. 

6 Cara Mendapatkan Uang dengan Blog Gratis
6 Cara Mendapatkan Uang dengan Blog Gratis
 Rencanakan Tujuan

Sebaiknya anda merencanakan dari awal dan menentukan tujuan anda membangun sebuah blog, anda juga harus memikirkan bagaimana anda akan me-monetize blog anda tersebut. Masing-masing orang akan berbeda tujuan dalam membangun blognya. Beberapa orang membangun blog hanya untuk iseng-iseng, untuk mencari teman, rekan, relasi, dan sebagainya, dan ada para blogger yang melakukan kegiatan blogging dengan tujuan yang ganda. Seperti saya, saya adalah blogger yang punya tujuan yang ganda dalam membangun sebuah blog, yaitu Blogging for Sharing dan Blogging for Moneytapi tentu juga Blogging for Relation, Dan For Friends, haha, saya adalah blogger yang punya banyak tujuan bukan?.
Saya sudah beberapa kali membangun blog dengan kategori yang berbeda, dan saat ini saya berfokus membangun satu blog saja, yaitu blog ini www.carangeblog.club, diblog ini saya akan membahas tentang AdSense, domain, tutorial, tips dan trick blogging, membagikan widget dan template blog GRATIS, tujuan utamanya adalah berbagi dengan blogger pemula, tapi kalau ada para master yang nyasar kesini, Welcome ya, di blog sederhana saya, hehe
Baiklah, tanpa memperpanjang mukadimah lagi, langsung saja berikut ini adalah 6 cara mendapatkan uang dengan mempergunakan plaform blog gratis, seperti Blogger.com yang saya gunakan untuk membuat blog ini, mari kita simak bersama:

1. Menawarkan Jasa Iklan Mandiri

Sebuah blog yang memiliki trafik kunjungan dari visitor unik yang tinggi biasanya lebih  sukses mendapatkan pengiklan yang potensial. Yang perlu anda perhatikan adalah produk atau website yang kita iklankan haruslah disesuaikan dengan topik dari situs atau blog yang sedang kita bangun. Misalnya saja topik blog Anda tentang Google AdSense atau Youtube Marketing, maka jenis iklan yang sebaiknya Anda terima adalah produk atau website yang berhubungan dengan niche blog anda tersebut, yaitu tentang Google AdSense dan cara memasarkan produk melalui plaform berbagi video YouTube.com.
Sebaiknya anda Jangan atau TIDAK dianjurkan menerima iklan yang mempromosikan produk atau website yang sama sekali tidak berhubungan dengan niche blog anda, karena ini akan membingungkan pembaca blog anda dan biasanya konversinya jelek. Misalnya saja blog Anda tentang YouTube Marketing, lalu Anda memasang iklan dari Advertiser yang mempromosikan produk penumbuh rambut. Tentu akan sedikit bahkan mungkin tidak ada konversi dari iklan tersebut, yang pada akhirnya menyebabkan kebingungan saja, dan mungkin pengiklan akan berhenti penayangkan iklan mereka di blog anda.

2. Mengikuti Program Affiliate Marketing

Bergabung dalam sebuah program affiliasi adalah salah satu cara untuk menghasilkan uang dari blog. Afiliasi Marketing adalah suatu kegiatan, dimana kita mempromosikan atau menjual produk orang/perusahaan lain melalui blog kita, dan kemudian kita akan mendapatkan komisi apabila produk tersebut dibeli oleh pengunjung melalui link yang ada pada blog kita.
Perlu kita perhatikan bahwa program affiliasi yang kita ikuti sebaiknya sesuai dengan topik blog yang kita bangun. Misalkan saja blog kita topiknya tentang AdSense, maka program affiliasi yang kita ikuti harus berhubungan dengan niche ini yaitu afiliasi produk yang ada hubungannya dengan AdSense. Seperti mempromosikan E-book "Cara Mudah Meningkatkan Peluang Klik Iklan AdSense" atau :Cara Mendapatkan Banyak Uang dengan Google AdSense" dan lain sebagainya.
Ketika kita memutuskan untuk membangun blog dengan tujuan sebagai tempat promo program affiliasi, kita sebaiknya terlebih dahulu menentukan produk yang akan kita jual, baru kita mulai untuk membangun blog kita. Misalnya saat kita membangun blog untuk mempromosikan produk dari Amazon.com, kita haruslah melakukan riset terlebih dahulu. Produk apa yang akan kita promosikan, keywords apa saja yang kan kita gunakan guna dapat menunjung SEO blog kita agar pengunjung datang keblog kita, dan bagaimana cara membangun konten blog agar produk tersebut menarik dimata pembaca blog kita, dan mereka membelinya melalui link atau banner dari blog kita.
Yang perlu kita perhatikan adalah kualitas dari konten yang ada didalam blog yang kita bangun, konten blog kita haruslah mempunyai nilai dan bermanfaat bagi para pembaca blog kita. Semakin baik konten blog Anda, kemungkinan besar semakin tinggi konversi penjualan dari blog tersebut. 

3. Menulis Artikel Tentang Produk, Bisnis atau Website

Kegiatan ini biasanya disebut dengan Paid for Review. Ada banyak perusahaan yang ingin agar produk, bisnis atau website mereka diulas di blog orang lain. Biasanya perusahaan tersebut bersedia membayar cukup mahal untuk sebuah artikel review yang anda tulis di blog anda. Satu artikel review biasanya bisa dibayar sebesar Rp 100.000 – Rp 1.000.000, hal ini tergantung negosiasi yang telah dilakukan diawal. Hal ini tentu tergantung juga dari kualitas blog anda sendiri, jika blog anda sudah berkualitas, baik itu  dari segi trafik, dan atau sudah cukup dikenal oleh netizen, kemungkinan tarif yang akan ditawarkan bisa lebih besar.
Tentunya tidaklah mudah mendapatkan Advertiser yang mau membayar untuk sebuah artikel review. Apabila Anda tidak ingin repot-repot menghubungi calon pengiklan atau mempromosikan jasa anda, tidak ada salahnya anda mencoba untuk mendaftar sebagai publisher di network blogger seperti IDblognetwork, dari informasi yang saya dapatkan beberapa blogger yang bergabung disana cukup sering mendapatkan job menulis artikel review dari IDblognetwork.

4. Menawarkan Jasa atau Produk Sendiri Secara Online

6 Cara Mendapatkan Uang dengan Blog Gratis
Dengan cara ini Anda memang harus punya bisnis yang memang ingin ditawarkan ke pembaca blog Anda. Saya beberapa kali menemukan blog yang dibuat dengan cara yang cukup kreatif, melalui blog tersebut sang blogger menulis tentang kegiatannya sehari-hari, hobinya, dan juga keahliannya pada bidang tertentu. Blog seperti ini tentu sering juga anda temukan kan?.
Pemilik blog tersebut menjual produk, berdasarkan hobi, atau menawarkan jasanya kepada para pembaca blognya. Jadi, selain mendapatkan teman-teman blogger di internet, dia juga mendapat penghasilan dengan cara menjual keahlian atau produknya di blog tersebut. Sangat kreatif bukan?. Anda tentu juga bisa mencobanya jika anda merasa mempunyai suatu keahlian atau keterampilan yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan penghasilan dari blogging. Anda mungkin juga bisa menjual produk digital atau produk nyata melalui blog anda secara Online

5. Menjadi Publisher 

Ada  begitu banyak perusahaan Internet Marketin (IM) yang menawarkan para blogger untuk menjadi pemayang iklan mereke (Publisher), ada begitu banyak tipe-tipe IM yang bisa anda ikuti, baik itu berbasis CPA,PPC,CPM dan lain sebagainya 
Google Adsense adalah salah satu program PPC yang paling terkenal dan paling banyak diikuti oleh publisher di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Untuk menjadi publisher dan mendapatkan uang dan mendapatkan uang dari Google Adsense, kita harus punya blog yang memiliki trafik yang cukup besar apabila ingin mendapatkan pendapatan yang maksimal. Penghasilan publisher didapatkan dari Klik Valid iklan Adsense yang ada di blog anda, Selain itu anda juga akan dibayar setiap 1000 TAyangan (impresi) iklan yang tampil pada blog anda, akan tetapi jangan pernah berpikir untuk melakukan klik pada iklan Anda sendiri karena ini dilarang oleh pihak Google Adsense dan termasuk kepada Invalid Klik, jadi anda tidak akan dibayar untuk melakukan hal tersebut.
Pada Saat ini ada banyak sekali situs-situs besar, baik lokal maupun internasional yang bergabung menjadi publisher Google Adsense. Beberapa website dan blog besar lokal yang bergabung di Google Adsense adalah Detik.com, Kompas.com, Merdeka.com, Tribunnews.com, Kaskus.co.id, Kapanlagi.com, Vemale.com, dan lain-lain. Pada umumnya website besar tersebut adalah web berita yang memang memiliki konten yang banyak dengan trafik melimpah. Sedangkan beberapa StartUp yang juga bergabung di Google Adsense diantaranya, Femaledaily.com, Bersosial.com, 1cak.com, Maxmanroe.com, Portaluang.com, dan banyak website atau blog lainnya yang sukses sebagai Publisher Google AdSense.
6.Jual Beli  Blog
Ini adalah cara yang cukup instan dan tergolong mudah untuk anda lakukan, yang perlu anda lakukan hanyalah menjual blog anda kepada orang atau blogger lain, namun sebelum memutuskan menjual blog, saya sarankan agar anda membangun blog anda semenarik mungkin, dan dapatkan dahulu trafik yang cukup stabil dan tinggi agar harga blog anda semakin naik dan memberikan keuntungan yang cukup untuk anda.
Jual Blog
Anda bisa menjual blog anda dengan memberitahukannya melalui artikel di blog anda, emberitahukan di media sosial, group atau forum yang anda tergabung didalamnya, dalam menjual blog usahakan cari dahulu referensi harga yang cocok, anda bisa menanyakan pada blogger lain yang menjalani bisnis jual beli blog seperti anda, atau anda bisa googling untuk menemukan harga yang cocok ataau cara menentukan harga blog. Sebelum menjual blog pastikan dahulu anda mendapatkan buyer yang jujur, jangan berfikir dua kali,  menggunakan Rekening Bersama adalah cara terbaik untuk aman bertransaksi secara Online. 
Beli Blog dan Jual Lagi
Anda juga bisa membeli blog lain, meningkatkan kualitasnya dan kemudian menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi, saya rasa cara ini lebih mudah dari pada anda harus membangun blog dari awal setiap anda ingin menjual sebuah blog.
6 Cara Mendapatkan Uang dengan Blog Gratis
Itulah 6 cara menghasilkan uang dari blog gratis yang dapat saya bagikan bagi kita semua pada kesempatan kali ini. Ada banyak cara lain yang bisa anda temukan di internet tentang cara mendapatkan uang dengan blog gratis, ada cara yang baik, dan ada cara yang sebaiknya tidak anda ikuti karena bisa berdampak negatif bagi anda, blog anda dan mungkin kehidupan anda jika anda tidak berhati-hati dalam memilih cara memonetize blog. Oleh karena itu pilihlah cara yang baik dan jujur saja dalam mendapatkan pendapatan dari blog gratis anda.

Saya yakin tidak semua orang akan cocok dengan metode monetasi blog yang saya bagikan di atas, namun setidaknya Anda sudah punya sedikit gambaran. Apakah Anda sudah memonetasi blog Anda? Metode apa yang Anda lakukan? atau anda masing bingung apakah ingin memonetasi blog anda atau tidak? jangan segan untuk berbagi dikotak komentar ya.

Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga informasi yang kami bagikan bermanfaat untuk kita semua, silakan tinggalkan komentar, pertanyaan, kritik dan saran untuk kami di kotak komentar.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.