Blog Berkualitas Dimata AdSense Kupas Tuntas

Google AdSenseatau yang biasa kita kenal dengan AdSense adalah suatu Perusahaan Internet Marketing (IM) yang menawarkan jasa periklanan berbasis Online kepada para pengiklan (Advertiser), yang mana iklan-iklan dari perusahaan yang menggunakan jasa mereka akan ditampilkan pada situs penerbit (Publisher) dari Google AdSense.

Blog Berkualitas Dimata AdSense, Kupas Tuntas!!!

Blog Berkualitas Dimata AdSense Kupas Tuntas

Pembukaan

Terus terang saja saya sudah sangat-sangat sebal rasanya kepada AdSense, terutama kepada Reviewer mereka yang sangat sering membuat saya kecewa, sampai pada saat ini blog saya ini yang sudah berjalan hampir 3 bulan belum juga bisa menjadi publisher AdSense, alasan utama dan satu-satunya yang mereka utarakan saat mengirim email penolakan kepada saya adalah "Situs anda tidak sesuai kebijakan AdSense".

Pihak AdSense tidak memberikan detail tentang apa yang harus saya perbaiki, apa bagian konten bog saya yang tidak sesuai kebijakan AdSense, apakah artikel? trafik? atau hal lainnya. Tentu ini sangat berbeda dengan para sahabar blogger saya yang lain, mereka diberikan detail tentang apa yang harus diperbaiki dari blog mereka, mereka mendapatkan informasi detail dari kesalahan atau mutu dari blog mereka, sehingga mereka bisa memperbaiki poin-poin yang pasti.


Sementara saya? hanya satu kalimat, dan kalimat itu selalu membuat saya bingung, sudah tiga kali saya ditolak oleh AdSense, dengan jawaban yang sama, so AdSense, Please tell me what must i do? must i fix?, jangan hanya menolak saya dengan jawaban yang singkat, tanpa solusi yang jelas, sungguh saya terkadang merasa down setiap kali menerima SURAT CINTA yang ternyata isinya tidak sesuai dengan harapan saya :(

Namun sebagai Blogger Indonesia saya selau optimis dan yakin, tekad saya sudah bulat, kalau sahabat blogger yang lain bisa, kenapa saya tidak?, oleh karena itu sampai saat ini saya masih menulis, masih berusaha menyajikan konten terbaik untuk para pengunjung setia blog ini.
Bagi saya AdSense hanyalah sebuah motivasi, yang mungkin bisa suatu saat mengisi dompet Mahasiswa yang mulai rusak dan rapuh ini. 

Bagi saya kepuasan pembaca blog saya tetaplah HARGA MATI!, saya tidak menginginkan pengunjung blog saya merasa kecewa mengunjungi blog saya ini, merke pergi tanpa mendapatkan SEDIKITPUN informasi yang mereka butuhkan, oleh karena itu saya akan terus menulis, menulis dan menulis. Berbagi informasi dengan sesama netizen bagi saya adalah suatu tekad, saya akan merasa senang apabila netizen yang mengunjugni blog saya tersenyum saat mereka mendapatkan informasi yang mereka butuhkan, itu akan menjadi suatu kebahagiaan tersendiri bagi saya.
Blog Berkualitas Dimata AdSense, Kupas Tuntas!!!
Akun AdSense sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu Akun AdSense Hosted dan Akun AdSense non-Hosted,


AdSense Hosted

 Akun AdSense Hosted adalah akun yang kita dapat dengan cara mengajukan konten milik kita yang di-host di situs mitra-host Adsense. Jadi kekurangan utama dari akun hosted, adalah bahwa ia hanya dapat digunakan untuk memonetisasi konten yang ada di situs tempat kita mendaftar. Contoh Akun AdSense hosted adalah akun AdSense yang kita dapatkan dengan mendaftarkan Blog dari Blogger.com (Blogspot.com) sebagai tempat kita menayangkan iklan dari Google AdSense.

AdSense Non-hosted
Akun AdSense Non-Hosted adalah akun AdSense yang kita dapatkan dengan cara mendaftarkan situs pribadi milik kita kepada Google AdSense, dimana situs tersebut tidak ada kaitannya dengan pihak AdSense / kita memakai domain yang bukan .blogspot.com apabila kita menggunakan Blogger.com sebagai tempat kita membuat blog.

Dalam memilih penerbitpun AdSense tidak sembarang pilih, mereka tidak akan menerima siapa saja yang mendaftar sebagai Mitra-AdSense atau Publisher Google AdSense, pihak AdSense sangat selektif dalam menerima situs yang didaftarkan pada saat review. Pada saat ini ada dua tahapan review AdSense.

Review Tahap Pertama
Pada review tahap pertama setelah kita melakukan submit URL situs ke Google AdSense, pihak AdSense akan mengunjungi situs kita, tujuan utama mereka adalah untuk mengecek apakah situs kita aktif atau tidak. Pihak AdSense sepengetahuan saya tidak pernah menjelaskan secara rinci apa saja yang mereka review pada setiap prosesnya, namun berdasarkan pemikiran saya, pada review tahap pertama ini mereka akan mengecek kelengkapan situs, seperti Webmaster, dan Analytic Situs, apabila kelengkapan ini sudah dimiliki oleh situs kita, maka AdSense akan meloloskan kita pada Review Tahap Pertama.

Review Tahap Kedua
Pada review tahap kedua ini pihak AdSense benar-benar akan menyeleksi secara mendalam dan menyeluruh situs kita, mulai dari kelengkapan wiget situs seperti:
  1. About,
  2. Contact,
  3. Disclaimer,
  4. Privacy Policy,
  5. Terms of Service,
  6. Sitemap,
  7. Popular Post,
  8. Recent/Random Post,
  9. Label,
  10. Achieve, dan
  11. Recent Comment.
Apabila anda ingin lolos review tahap kedua, sesuai informasi yang saya dapatkan dari situs yang sudah diterima sebagai publisher AdSense, maka anda harus memiliki ke 11 widget dan Laman Tersebut disitus anda. Walau pada kenyataanya ada publisher yang lolos review tahap kedua dan berhasil menjadi publisher AdSense tanpa memiliki ke 11 widget seperti diatas seluruhnya, namun kenyataan pada saya sendiri malah sebaliknya, saya tidak diterima sebagai publisher AdSense (sudah 3x ditolak) meskipun sudah memiliki kesemua kelengkapan situs tersebut.

Hal lainnya yang akan diperiksa pihak AdSense adalah kualitas dari konten situs, berupa:
Artikel 

Harus Unik (jarang ada disitus lain) dan menarik bagi pembaca, mudah dipahami namun kaya dengan informasi. AdSense akan sangat menyukai konten situs yang seperti itu, dibandingkan dengan situs yang memiliki tampilan menarik tetapi kekayaan konten situsnya sangat rendah.

Anda jangan sekali-sekali melakukan Copy Paste (COPAS) 100% konten dari situs lain, karena kalau hal demikian anda lakukan, maka siap-siap saja SURAT CINTA PENOLAKAn dari AdSense yang akan anda terima.

Jenis Konten
Google melarang blog yang mempunyai konten terlarang yang mengandung unsur seperti pornografi, obat-obatan terlarang, hewan langka yang dilindungi, kekerasan, minuman keras, terorisme, SARA, anarkisme, crack, hack, download software berbayar secara gratis, film premium, dan lain sebagainya, pokoknya segala konten yang berbau negatif, termasuk berita HOAX yang sangat ngetrend di Indonesia.Tentu advertiser tidak mau menayangkan iklan nya pada blog yang seperti itu, maka dari itu Google tidak akan pernah menerima blog dengan konten yang telah disebutkan diatas

Artikel Yang Original
Baiklah, suatu kualitas konten dapat dinilai dari  keaslian dan kemurnian konten tersebut. Artikel yang berkualitas adalah artikel yang asli, original dan fresh. Tapi, ini bukan berarti sobat dilarang untuk copas. Artikel copas bisa dijadikan sebagai artikel original dengan cara menulis kembali isi pokok artikel tersebut dengan gaya bahasa yang berbeda dan struktur nya pun dibedakan, maka itu dapat dikatakan artikel original. Saya juga banyak copas dari berbagai sumber, tetapi saya menulis ulang secara manual dan tidak mengaplikasi kan semua isi nya.

Jumlah Post
Sampai saat ini belum ada yang tahu tentang batas jumlah post untuk dapat diterima oleh Google Adsense. ada yang berisikan 50 artikel berkualitas dan diterima, ada juga yang hanya berisikan 15 post langsung diapprove. Saya rasa jumlah post tidak terlalu berpengaruh, tapi kualitas nya lah yang sangat berpengaruh dimata pihak AdSense. 

Artikel Harus Mengandung Banyak Kata
Ini memang sangatlah benar, dari sekitar 50 post yang saya tulis rata-rata didalamnya terdapat 600-2000 kata. Google sangat suka dengan konten yang kaya sehingga mereka merasa bahwa ini adalah konten yang baik dimata pengunjung. Namun, jangan sampai hanya mengandung bahasan yang tidak jelas. Pastikan konten anda membahas topik yang jelas dan pasti.

Artikel Harus Bermanfaat Dan Memberikan Solusi Kepada Visitor

Artikel yang berada dalam blog sobat harusnya sangat bermanfaat dan menemukan solusi untuk visitor. Semakin banyak visitor itu berarti semakin relevan blog sobat dan peluang diterima Google Adsense pun lebih besar. Media Sosial juga mengambil peran penting dalam hal ini. Semakin banyak yang share, like dan memberikan 1+ berarti itu juga bermanfaat bagi pengunjung dan sangat disukai Google.

Didalam menulis cobalah untuk menggunakan bahasa sendiri, dan sajikan konten unik yang jarang ditemukan oleh netizen disitus-situs lain, buatlah konten dengan perspektif(pandangan) anda sendiri.
Meski anda membahas topik yang sama dengan yang ada disitus lain, namun apablila anda membahasnya dengan pandangan anda sendiri, tentu konten situs anda akan memiliki perbedaan dengan konten situs lainnya.

Sumber Lalu Lintas Situs
Penting untuk anda ketahui bahwa AdSense sangat menyenangi sumber organik yang datang kesitus anda dari mesin pencari , tidak hanya mesin pencari mereke (Google Search) namun juga dari mesin pencari lain yang sudah dipastikan kredibilitasnya, seperti Bing dari Microsoft, dan lain sebagainya.

Trafik Organik
Jangan terlalu sering membagikan postingan situs anda ke jejaring sosial seperti Facebook, dan Twitter pada saat review, apabila anda melakukannya cukup signifikan dimasa lalu, maka hindarkan hal tersebut selama proses review AdSense.

Pihak AdSense akan lebih senang dengan trafik organik walaupun sedikit, apabila dibandingkan dengan trafik melimpah, namun bersumber dari media sosial. Oleh karena itu jangan khawatir dengan penurunan trafik situs anda selama proses review kedua AdSense, biarkanlah yang datang hanya pengunjung dari mesin pecari saja.

Beberapa blogger memberikan alternatif mendatangkan trafik organik dengan cara BlogWalking dengan sesama blogger, dengan persyaratan mengunjungi situs mereka melalui mesin pencari, dengan mengetikan kata kunci (keyword0 yang mengarah pada situs mereka, sampai saat ini saya belum mengetahui apakah cara tersebut dapat dianggap sebagai trafik organik yang wajar oleh pihak AdSense atau tidak.

SEO dan Usia Situs
Apabila anda memiliki situs yang SEo maka tidak menjamin anda akan diterima sebagai publisher AdSense, namun SEO tetap anda perlukan dalam rangka mendatangkan pengunjung organik kesitus anda, sementara itu optimasi SEO dengan memasang berbagai macam meta kurang menjadi pertimbangan dimata AdSense. 

Usia Situs, AdSense tidak pernah juga menyatakan berapa usia situs minimal agar situs anda bisa memenuhi kritera untuk mendaftar sebagai publisher AdSense, Namun untuk beberapa negara Seperti Cina dan india, AdSense dengan jelas menyatakan bahwa situs anda setidaknya harus berusia ^ bulan untu kemenuhi kelayakan sebagai pendaftar, saya tidak mengetahui apakah di Indonesia juga diberlakukan aturan tersebut, karena tidak dituliskan secara jelas nama Indonesia pada situ support AdSense. 

Dari informasi yang saya dapatkan dari beberapa sahabat blogger lainnya, usia situs juga  tergantung dengan jenis akun Adsense mana yang anda  ingingkan. Jika akun hosted berarti masih menggunakan subdomain, blog harus berusia minimal 6 bulan. Tetapi jika anda menginginkan akun non hosted maka anda harus membeli domain TLD, namun tidak ada batasan usia blog jika sudah berdomain TLD. Tapi perlu diingat bahwa pada saat mengganti domain ke TLD berarti blog anda harus dimulai dari nol lagi layaknya blog baru.

Pada intinya jika pihak AdSense merasa situs anda sudah cukup matang dan siap menayangkan iklan, maka anda akan diterima sebagai publisher mereka berapa lamapun isua situs anda. Bahkan untuk mendaftar sebagai publisher dibeberapa negara seperti US,UK, situs yang berusia 3-7 haripun sudah bisa diterima asal memenuhi semua kebjakan layanan dari Goolge AdSense.

Kesederhanaan
Google sangat mencintai kesederhaan, ini terlihat dari desain-desain situs mereka yang sederhana, dengan sedikit paduan warna yang kontras, namun tetap elegan dipandang mata. 

Template Simple
Sesuai motto Google yang menyukai kesederhanaan, pakai lah template yang simple dan cerah dengan background putih. Jangan pakai template yang ribet, gelap dan terlalu banyak efek, ini malah akan menurunkan kualitas blog sobat dan membuat visitor kabur dalam sekejap. Jadi, simple adalah yang terbaik.

Template Fast Loading
Selain simple, utamakan juga memakai template yang mempunyai kecepatan loading yang cepat. Ini akan membantu blog sobat ketika direview oleh tim Google Adsense agar lebih cepat proses nya. Natural nya, blog yang fast mempunyai durasi loading antara 0-5 detik. Jika sampai 10 detik blog masih loading maka dapat dipastikan visitor dan Google pun tak mau lagi mengunjungi blog anda.

Template yang Responsive dan Mobile Friendly
Fitur pada template ini berguna agar blog sobat dapat menayangkan iklan Adsense dalam perangkat lain dan di mobile sehingga akan semakin banyak juga potensi klik yang akan anda dapatkan. Template yang mampu menyesuaikan ukuran dengan berbagai macam perangkat, seperti Laptop, PC, Tablet dan Smartphone akan sangat disenangi AdSense, selain itu pastikan tampilan situs anda mobil friendly, sehingga tetap mudah dinavigasi pada saat dibuka di perangkat mobile.

Perpaduan Warna Putih Dan Biru
Dulu saya sempat baca-baca sebuah artikel, bahwa sebenarnya, template yang memakai perpaduan warna putih dan biru lebih mudah untuk diterima Google Adsense. Saya masih belum percaya, saya mencoba melakukan pencarian dan hasilnya benar saja, blog dengan background putih dan paduan warna biru lebih mudah diterima. Entah apa alasan nya, tapi ini memang kenyataan. Saya rasa Reviewer AdSense punya cita warna yang suka dengan warna putih dan biru. hehe

Saya rasa itulah beberapa kriteria agar situs anda dianggap berkualitas oleh Pihak AdSense, Solusinya sudah jelas, meskipun terasa sulit sekali , tetapi begininilah intinya:
  • Jangan membuat blog gado-gado, fokus pada satu topik/niche,
  • Pilih topik yang sedang trending,
  • Menulislah dengan unik.
  • Buat Halaman Privacy Policy dan Terms Of Servics.
  • Optimalkan SEO, baik itu on page atau off page,
  • Bangun trafik.
  • Lakukan hal ini terus menerus hingga blog anda sudah memiliki alexa rank yang kecil.
Untuk ukuran Blog atau Situs Berkualitas Dimata AdSense, Anda mungkin bisa melihat blog AdSense Inside, tang memiliki tampilan yang sangat sederhana dengan beberapa widget saja. Saya rasa, blog AdSense Inside bisa anda jadikan referensi mengenai Situs seperti apa yang disukai oleh Google AdSense.
Blog Berkualitas Dimata AdSense Kupas Tuntas

Itulah informasi yang dapat saya bagikan untuk anda, berdasarkan pengalaman dan referensi dari beberapa sahabat blogger lainnya, Untuk dapat kita ketahui bersama bahwa untuk dapat menjadi publisher AdSense Indonesia (IDR) memanglah susah apabila dibandingkan dengan mendaftar menjadi publisher AdSense di negara lainnya, saya tidak tahu mengapa hal demikian terjadi, mungkin saja karena Pihak AdSense meragunakn konten situs-situs yang ada di Indonesia, atau karena faktor lainnya yang samapai saat ini belum dipublikasikan oleh AdSense.

Ssemoga saja kita bisa segera menjadi publisher AdSense, karena jujur saja walau bagaimanapun tujuan saya adalah untuk berbagi dengan netizen dan sesama blogger, namun mendapatkan penghasilan dari kegiatan blogging yang bisa dikatakan hobi bagi saya ini juga merupakan suatu motivasi yang ingin segera saya wujudkan, Saya akan sangat bahagia apabila bisa meringankan beban orang tua saya dengan meniliki pendapatan tambahan untuk memenuhi kebutuhan pribadi saya sebagai mahasiswa, sering saya berfikir untuk membelikan sesuatu kepada orang tua saya dari hasil jerih saya sendiri, semoga saja kita bisa menjadi 
PUBLISHER ADSENSE INDONESIA!!!  
Blog Berkualitas Dimata AdSense Kupas Tuntas

Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga informasi yang kami bagikan bermanfaat untuk kita semua, silakan tinggalkan komentar, pertanyaan, kritik dan saran untuk kami di kotak komentar.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.